Kapolsek Hadiri Rakor Jelang Restorasi Prarai Pertime 3 Pura Khayangan Di Puri Agung Kerambitan


Polres Tabanan - Polsek Kerambitan, Bertempat di Puri Agung Kerambitan, telah berlangsung kegiatan rapat koordinasi Pengelingsir Puri Agung Kerambitan dengan Kapolsek Kerambitan, Bendesa Adat Bale Agung dan Panitia Grand Sechol Internasional untuk membicarakan rencana restorasi terhadap pererai  pretime di Pure Puseh, Dalem dan Prajapati serta mendiskusikan terhadap rencana lelang Grad School International yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 21 September 2024.

(Selasa/3/09/2024) 


Hadir dalam Acara tersebut Pengelingsir Puri Agung Kerambitan AA Ngurah Indra Bangsa, Murdaning pengajeg Puri Agung Kerambitan Turah Adi, Kapolsek Kerambitan Kompol IB Putu Mertayasa, Bendesa Adat Bale Agung Drh. Nyoman Adnyana, Perbekel Desa Kerambitan AA Ngurah Mayun, Kanit Intelkam Polsek Kerambitan AKP I Putu Darmawan, SH., Para Pengurus Adat dan Pecalang Desa Adat Bale Agung., Manager Grand Sechol Internasional Ibu Ayu Nita. 


Bendesa Adat Bale Agung menyampaikan Rencana Desa Adat Bale Agung akan merestorasi 3 pererai masing masing yang ada di Pura Puseh, Pura Dalem dan Prajapati yang masing masing Perarai mengahabiskan biaya sebesar Rp. 12 juta rupiah karena perade yang akan digunakan dibuat dari emas 24 karat. Donatur disamping dari warga Adat juga dari Puri Agung Kerambitan selaku penganceng.


Murdaning Puri Agung Kerambitan Turah Adi pada kesempatan itu menyampaikan pertimbangan merestorasi 3 perarai tersebut dikarenakan sudah dalam kondisi rusak karena pererai tersebut dibuat antara tahun 1948 dan tahun 1950. Apabila nanti sudah selesai untuk mengetahui pererai brahma , wisnu dan Siwa adalah dari Gelungnya.


Pada kesempatan itu Kapolsek Kerambitan menyampaikan  jangan sekali kali mengganti pererai atau pretime akan mengurangi kesakralannya serta nilai sejarahnya, namun apabila ada kerusakan agar di restorasi sehingga bisa lebih baik.


Terhadap rencana Grand Sechool Internasional yang akan dilaksanakan di Puri Agung Kerambitan pada tanggal 21 September 2024, manajemen Grand Sechol Internasional Ibu Nita memaparkan rencana kegiatan antra lain : kegiatan akan dimulai pukul 16.00 Wita, dengan undangan sebanyak 100 orang eks patriat yang akan melaksanakan lelang terhadap beberapa barang barang serta melihat kearifan lokal yang akan disuguhkan kepada para wisatawan, hasil dari lelang tersebut akan digunakan untuk membiayai anak anak yang sekolah di Grand Sechool Internasional. Kegiatan akan dipusatkan di calum kodok Puri Anyar Kerambitan dan di Ancak Saji serta Diner di jeroan Puri. Rencana tanggal 21 September 2024 senggol akan ditutup untuk digunakan tempat parkir. Arus lalu lintas akan dialih kan keselatan diperempatan Desa Kukuh. Pengamanan akan melibatkan personil Polsek Kerambitan, Pecalang dan LO kegiatan tersebut.


(Humas Polsek Kerambitan)

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Kapolsek Hadiri Rakor Jelang Restorasi Prarai Pertime 3 Pura Khayangan Di Puri Agung Kerambitan

Posting Komentar

0 Komentar