Jelang Pilkada 2024, Polres Gianyar Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota


GIANYAR - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, petugas gabungan dari Polres Gianyar, Ditsamapta Polda Bali, Brimob Polda Bali, Kodim 1616/Gianyar, dan instansi terkait melaksanakan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota). Kegiatan ini dilaksanakan di areal parkir VIP, kawasan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Jumat (16/8/2024).


Simulasi sistem pengamanan kota ini dalam rangka Pilkada 2024 ini dilaksanakan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tertanggal 26 Januari 2024 tentang tahapan Pilkada Tahun 2024, atas acuan aturan tersebut Kepolisian Negara Republik Indonesia melaksanakan simulasi yang merupakan salah satu kegiatan dalam rangka Operasi Mantap Praja Agung 2024.


"Dalam pelaksanaan dilapangan diharapkan kita bisa bersinergi dengan semua unsur stakeholder, dalam kegiatan operasi ini kita mengedepankan preemtif dan preventif untuk itu kami mengajak semua unsur untuk dapat mendukung pelaksanaan ini, kegiatan ini merupakan gambaran pelaksanaan pengamanan sispamkota dengan harapan Pilkada Kabupaten Gianyar tetap kondusif," ujar Kapolres Gianyar, AKBP Umar.


Terdapat beberapa adegan yang diperagakan dalam simulasi sistem pengamanan kota ini. Antara lain dilaksanakannya tactical wall game, pengamanan kampanye calon bupati atau wakil bupati, pengamanan pemungutan suara, penghitungan suara, hingga penanganan aksi unjuk rasa atau demonstrasi oleh massa.


"Diharapkan dengan adanya simulasi sistem pengamanan kota ini, petugas-petugas di lapangan dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan dalam pengamanan rangkaian Pilkada 2024 di Kabupaten Gianyar," tandasnya.&**

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Jelang Pilkada 2024, Polres Gianyar Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota

Posting Komentar

0 Komentar