Bhabinkamtibmas Singakerta dan Pecalang Amankan Upacara Ngaben Massal


Polda Bali - Polres Gianyar - Polsek Ubud, Dalam membantu menjaga ketertiban dan memastikan agar Upacara Ngaben massal berlangsung dengan lancar, tertib, dan aman, Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Aiptu I Made Widastra melakukan pemantauan sekaligus pengamanan Upacara Pitra Yadnya (Ngaben Massal) sebanyak 36 Sawa yang bertempat di Setra Desa Adat Kengetan, Desa Singakerta, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Sabtu (24/8/24).


Terlihat digambar Bhabinkamtibmas dan Pecalang desa adat ikut membantu jalannya prosesi ngaben massal agar berjalan aman dengan melakukan atensi iring - iringan Lembu dan rombongan masyarakat Banjar Kengetan menuju setra (kuburan) Desa Adat Kengetan.


Aiptu I Made Widastra menjelaskan bahwa kehadirannya untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama upacara berlangsung dan untuk memastikan bahwa semua aspek upacara berjalan sesuai dengan adat dan tradisi.


“Memastikan bahwa upacara Ngaben berlangsung sesuai dengan harapan masyarakat, dengan menjaga agar acara tetap aman, tertib, dan menghormati tradisi yang ada,” jelasnya.


Lebih lanjut dikatakan, bahwa hal ini merupakan tanggung jawab kami sebagai garda terdepan Polri di masyarakat yang mengedepankan fungsi pembinaan dan pelayanan kepada masyarakat sehingga situasi yang aman dan kondusif dapat terwujud dan dapat dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya.


Saat di konfirmasi ditempat terpisah, Kapolres Gianyar AKBP Umar, S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa kekompakan serta kesolidan jajaran Bhabinkamtibmasnya bersama semua elemen di wilayah tentunya akan semakin memberikan keamanan serta kenyamanan masyarakat dalam menggelar berbagai kegiatan di wilayah Binaannya mereka.


“Situasi dan kondisi ini pastinya akan berdampak positif, dimana sinergitas semua elemen akan bermuara pada terciptanya wilayah yang aman, tertib dan kondusif, “ jelasnya.


Lebih lanjut dikatakan, pemantauan dan pengamanan ini merupakan tanggung jawab petugas keamanan dalam hal ini Babinkamtibmas dan unsur pengamanan adat (Pecalang) untuk mengecek langsung pelaksanaan ngaben agar dapat berjalan kondusif,” pungkasnya. (dastro)

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Bhabinkamtibmas Singakerta dan Pecalang Amankan Upacara Ngaben Massal

Posting Komentar

0 Komentar