Polres Tabanan Talkshow secara LIVE di Bali TV dalam program Halo Kamtibmas


Tabanan - Pada hari Rabu,  24 Juni 2024 Pkl 16.00 - 17.00 Wita Polres Tabanan Talkshow secara LIVE di Bali TV dalam program Halo Kamtibmas dengan topik:

Situasi kamtibmas daerah hukum Polres Tabanan


Adapun Narasumber adalah Kabagops Polres Tabanan Kompol I Made Subadi, S. H. Presenter: Made Sukadana Karang


Bagaimana situasi kamtibmas daerah hukum Polres Tabanan saat ini secara umum?

jawaban:

Secara umum masih kondusif bukan berarti membuat lengah kami dalam melaksanakan tugas mengamankan Kamtibmas.


Kasus yang menjadi perhatian?

jawaban:

Kasus menonjol tidak ada, hanya beberapa yang terjadi seperti kasus narkoba dan curat. Beberapa waktu lalu kita baru rilis kasus curanmor sudah tertangkap, dengan TKP di Selemadeg daerah dengan jumlah kasus paling banyak sehingga banyak sinergi dengan pecalang menggelar operasi yustisi.


Apa motif kasus terjadi sering?

jawaban:

Karena situasi yang terbilang cukup aman sehingga banyak yang lalai meninggalkan kunci nyantol. Belajar dari pengalaman tersebut kami berupaya untuk menjaga situasi kamtibmas.


Kegiatan yang dilakukan untuk menjaga situasi kamtibmas di daerah hukum Polres Tabanan?

jawaban:

Saat ini sedang melakukan operasi kepolisian dengan sandi operasi patuh agung dengan domain lalulintas. Dalam kesempatan ini kita bisa tekan angka fatalitas korban dan angka kecelakaan.


Bagaimana dengan pengamanan saat pilkada sudah dekat?

jawaban:

Sekarang kebetulan kami melaksanakan operasi cipkon tahun 2024 untuk menciptakan kondisi menjelang pilkada, terkait kriminalitas kita lakukan upaya untuk menjaga situasi tetap kondusif.


Operasi patuh agung 2024 untuk menekan angka laka di Polres Tabanan, bagaimana angka lakalantas di wilayah Tabanan?

Sesuai data yang kami miliki, laka lantas di Tabanan ada 259 kejadian dengan korban' 13 luka berat.pads triwulan 2 ada 115 kasus namun 24 orang korban fatalitas nya. Dengan operasi patuh agung kami berharap bisa mengurangi angka tersebut.


Apa target dari operasi kepolisian kali ini?

jawaban:

Sampai Adi pura jl. Ir. Soekarno itu memang agak rawan disitu black spot nya semoga kita berhasil mencegah dengan upaya upaya kami menekan angka laka lantas.


Usia brp yang menjadi korban laka di daerah Tabanan?

jawaban:

Paling banyak usia produktif namun juga diantaranya banyak anak usia sekolah yang menjadi korban juga.


Upaya apa saja yang dilakukan?

jawaban:

Kami banyak lakukan himbauan sosialisasi menumbuhkan kesadaran berlalu lintas. Kai juga ploting personel pada jam rawan seperti jam 7-10 saat masyarakat beraktifitas dan pada jam 1-5 sore saat masyarakat selesai beraktifitas pulang ke rumah juga rawan.


Bagaimana dengan persiapan personel yang melaksanakan tugas pada operasi ini?

jawaban:

Kami libatkan 90 personil kami laksanakan tugas, kami manage personil yang ada namun demikian secara rutin melakukan pengaturan lalu lintas. 


Jalur Tabanan ke Bali barat cukup rawan bagaimana tanggapan bapak?

jawaban:

Ini jalan trans nasional jadi tingkat kepadatan cukup pelik. Dari 10 Polsek yang ada di lapangan kami berdayakan juga untuk menekan angka laka lantas di Tabanan.


Pelanggaran kasus narkoba kami kolaborasi dengan instansi terkait untuk sosialisasi bersama, kasat narkoba polres juga melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesadaran agar menjauhi narkoba. Di Tabanan lebih banyak pengguna bukan pengedar.


Peran Babinkamtibmas untuk menjaga mengamankan wilayah binaan nya?

jawaban:

Untuk lebih mudah dekat dengan masyarakat agar bisa lebih mengetahui apa keluh kesah masyarakat kami ada kegiatan pada malam hari berupa patroli dialogis menyasar pada daerah rawan dengan blue light patrol untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.


Terobosan polres Tabanan?

Bale Bengong corner Weekend one service, pelayanan yang diberikan ada beberapa item diantaranya perpanjangan SIM, Pengesahan STNK, pembuatan SKCK, sidik jari dan surat kehilangan. Dari jam 6-8 malam sambil jalan jalan dengan keluarga kalau mau sambil cari surat surat bisa sekalian.

Bagaimana dengan kegiatan Jumat curhat?

jawaban:

Namanya curhat pasti banyak kami terima semua aspirasi masyarakat bukan hanya di wilayah Tabanan saja kami bantu solusi terbaik nya. Kritik kami harapkan agar kedepannya lebih baik yang penting sifatnya membangun. Dengan adanya kritikan kami ada acuan untuk berbenah agar lebih bermanfaat kedepannya. Jumat curhat kami lakukan dengan lokasi berbeda tidak harus ditempat ibadah saja dipinggir jalan warung kopi ataupun tempat warung makan kami datangi untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. 


Pilkada 2024, di Polres Tabanan, seperti apa persiapan Polres Tabanan?

jawaban:

Perencanaan kegiatan pra atau menjelang kegiatan pilkada. Tadi pagi kami mengadakan pengecekan pelibatan personil untuk pilkada seperti sarana prasarana juga. Kesbangpol KPU Bawaslu kami juga kordinasi untuk mengetahui hal penting dan daerah tertentu yang perlu perhatian khusus. Dari data ada 180 TPS tentu ini membutuhkan back up Polda Bali untuk pengamanan TPS nanti. 


Bagaimana etle di daerah Tabanan?

Sudah ada beberapa titik etle untuk mendukung juga kegiatan operasi patuh agung 2024. Pelanggaran saat ini lumayan juga tertangkap. Sehingga sosialisasi agar menghindar dari pelanggaran atau tilang. Terpantau yang kasat mata seperti save belt, helm SNI, identitas kendaraan, spion itu yang paling banyak pelanggaran walaupun demikian perlu penyempurnaan kedepan.  Ada dua titik yang dioperasikan yaitu dekat kantor DPR, dan jalan by pass Ir. Sukarno, pada operasi ini kami menindak secara manual pelanggaran yang fatalitas. Bukan dengan razia kendaraan, tapi melakukan penindakan secara humanis tapi tetap tegas.


Tabanan juga merupakan daerah tujuan wisata, bagaimana kepolisian daerah Polres Tabanan menjaga situasi?

jawaban:

Kebetulan Tabanan ada Tanah lot, Jati Luwih, dan Bedugul Baturiti. Kami terjunkan personel utamanya saat hari libur.  Contohnya seperti di Bedugul saat weekend kepadatan meningkat kami backup dari polres agar tidak terjadi kepadatan yang terlalu panjang. Intinya keberadaan polisi dan kesadaran masyarakat untuk menjaga kamtibmas dan pengaturan kelancaran lalu lintas.


Himbauan atau pesan khusus kepada masyarakat?

jawaban:

Saya mengajak masyarakat khususnya kabupaten Tabanan agar disiplin berlalu lintas, patut diingat keluarga menunggu dirumah. Terkait Pilkada mari saling jaga situasi kondusif dengan menjaga situasi politik tetap aman tidak mudah terpancing. **

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Polres Tabanan Talkshow secara LIVE di Bali TV dalam program Halo Kamtibmas

Posting Komentar

0 Komentar