Kapolres Tabanan, AKBP Chandra Citra Kesuma, S. I.K., M.H, Pimpin Apel Kesiapan Pasukan Ops Cipkon Agung 2024

  


Tabanan – Kapolres Tabanan, AKBP Chandra Citra Kesuma, S.I.K., M.H, pimpin  Apel Kesiapan Pasukan Ops Cipkon Agung 2024,  pada hari ini, Rabu ( 24/7/2024 ) Apel tersebut dirangkaikan dengan pengecekan kesiapan sarana dan prasarana dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2024.


Apel yang berlangsung di halaman Polres Tabanan tersebut dihadiri, Waka Polres Tabanan, Para PJU, Kapolsek Jajaran dan seluruh personel Polres Tabanan yang terseprin Ops Cipkon 2024. 


Adapun amanat Kapolda Bali yang dibacakan oleh Kapolres Tabanan AKBP Chandra Citra Kesuma, S. I. K., M. H. pada intinya menyampaikan Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmatnya kita semua dapat berkumpul bersama di halaman Polres Tabanan untuk melaksanakan kegiatan Apel Kesiapan Pasukan Operasi Cipkon Agung 2024 dalam rangka Harkamtibmas menjelang Pilkada serentak tahun 2024 tentunya dalam keadaan sehat walafiat.


Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para pejabat utama Polres Tabanan dan seluruh personil jajaran atas dedikasi loyalitas dan prestasi yang telah diberikan kepada kesatuan selama ini. Saya minta agar kinerja positif ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan lagi ke depan kita masih memiliki berbagai agenda kegiatan baik yang bersifat rutin maupun pengamanan kegiatan tertentu salah satunya tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini. Oleh karena itu kita harus kembali mengencangkan ikat pinggang dan melakukan konsolidasi untuk mempersiapkan pengamanan Pilkada kali ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti halnya Pemilu Serentak Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota Legislatif kemarin.


Urusan keamanan dan ketertiban  hal yang sangat penting untuk mendukung kelancaran kegiatan Pemerintah maupun masyarakat sehari-hari. Sejauh ini saya melihat situasi Kamtibmas di wilayah Bali masih relatif aman terkendali Namun demikian secara kuantitatif terjadi peningkatan gangguan Kamtibmas khususnya kasus menonjol sebesar 26% pada Semester 1 tahun 2024 dibandingkan Semester 2 tahun 2023. Seperti yang kita ketahui kejadian menonjol yang terjadi Masih didominasi oleh kasus Narkotika dan kejahatan konvensional seperti pencurian penggelapan penipuan dan penganiayaan yang melibatkan masyarakat lokal hingga warga negara asing.


Keterlibatan WNA dalam tindak pidana maupun perbuatan menyimpang di Bali memang cukup meresahkan kita akhir-akhir ini kita juga telah berupaya untuk meningkatkan kegiatan pengawasan dan penindakan terhadap para WNA ini dengan bersinergi bersama Satgas Bali Becik dari kantor Kemenkumham. Peningkatan kasus ini memang merupakan konsekuensi dari meningkatnya aktivitas masyarakat dan pariwisata di Bali. Namun demikian saya juga mengucapkan terima kasih karena hal tersebut segera ditindaklanjuti dan diiringi dengan peningkatan pengungkapan kasus yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran.


Situasi Kamtibmas di wilayah Bali harus dapat kita kelola dengan baik terlebih sebentar lagi kita akan segera memasuki tahapan Pilkada Serentak tahun 2024 yang akan berlangsung di seluruh Kabupaten kota di Bali berkaca dari pengalaman Pemilu Serentak kemarin menjelang kegiatan Pemilu seperti ini suhu politik diperkirakan akan semakin meningkat, hal ini disebabkan adanya peningkatan aktivitas dari partai politik beserta simpatisannya yang berpotensi menimbulkan Gejolak polarisasi masyarakat dan gangguan Kamtibmas.


Oleh karena itu untuk memelihara situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif menjelang tahapan Pilkada Tahun 2024 Polda Bali dan jajaran kembali menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Operasi Cipkon Agung 2024.


Operasi Cipkon Agung 2024 akan dilaksanakan selama 16 hari dari tanggal 24 Juli sampai 8 Agustus 2024, Operasi ini merupakan rangkaian dari kegiatan cooling sistem yang telah kita laksanakan selama ini dengan mengedepankan upaya preentif dan preventif yang didukung oleh kegiatan penegakan hukum serta fungsi Kepolisian lainnya, Operasi Cipkon kali ini melibatkan sebanyak 1060 personil yang terdiri dari 401 personil Satgas Polda dan 659 personil Satgas Polres jajaran. Personil tersebut selanjutnya akan dibagi dalam 5 Satgas yang meliputi Satgas preventif, Satgas preventif, Satgas gakkum, Satgas humas, dan Satgas banops.


Sebelum terjun ke lapangan untuk melaksanakan Operasi Cipkon ini terlebih dahulu kita melaksanakan kegiatan Apel Kesiapan Pasukan untuk memastikan kesiapan seluruh personil maupun sarana prasarana yang akan digunakan dalam pelaksanaan tugas nantinya di samping itu melalui kegiatan apel ini juga menjadi sarana konsolidasi bagi kita semua untuk memantapkan koordinasi terkait tugas dan tanggung jawab pengamanan yang diemban masing-masing satuan tugas.


Seperti halnya Pemilu Serentak kemarin tentunya akan terdapat potensi gangguan yang akan terjadi pada setiap tahapan Pilkada kali ini oleh karena itu saya minta agar Operasi Cipkon kali ini dapat dilaksanakan dan dimanfaatkan dengan baik untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta stabilitas Kamtibmas tetap kondusif sesuai dengan arahan bapak Presiden RI dalam upacara hari Bhayangkara kemarin.


Sebelum mengakhiri amanat ini ada beberapa penekanan yang ingin saya sampaikan antara lain. 


- Awali setiap kegiatan Dengan Doa laksanakan tugas dengan baik sesuai sop dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


- Jangan pernah under estimate atau menganggap kegiatan operasi ini sebagai rutinitas saja Setiap kegiatan operasi memiliki sasaran dan dinamika yang harus kita antisipasi.


- Intelkam agar memetakan potensi gangguan dan daerah rawan di wilayah masing-masing sebagai landasan untuk menyusun rencana pengamanan nanti.


- Tingkatkan kegiatan penyelidikan informasi dan penggalangan terhadap tokoh politik beserta relawan parpol tokoh masyarakat dan penyelenggara Pemilu untuk bersama-sama mewujudkan pemilu yang aman dan damai.


- Galang partisipasi dari rekan-rekan media untuk menyebarkan pesan-pesan Kamtibmas dan Pilkada damai.


- Laksanakan kegiatan Cyber Patrol, Counter Opini dan takedown konten negatif di media sosial menjelang Pilkada serentak tahun 2024.


- Laksanakan cooling system baik melalui kegiatan binluh maupun patroli sambang untuk mengajak masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh informasi politik yang memecah belah persatuan.


- Tingkatkan kegiatan patroli maupun Blue Light Patrol pada daerah dan jam-jam rawan untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas.


- Kedepankan pendekatan Humanis dalam setiap pelaksanaan tugas hindari sifat arogansi berlebihan yang dapat menurunkan Citra Kepolisian.


- Penegakan Hukum merupakan ultimatum remedium atau upaya terakhir namun harus tetap dilakukan secara tegas dan profesional.


- Jalin kerjasama yang baik antar Satgas dan laporkan Setiap kejadian menonjol kepada pimpinan secara berjenjang agar cepat mendapatkan penanganan Sebelum menjadi gangguan yang berdampak luas.


- Para pejabat operasi dan padal agar tetap melaksanakan pengawasan melekat dalam setiap pelaksanaan tugas anggota di lapangan.


Demikian yang dapat saya sampaikan Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas dan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara.


Selesai apel gelar pasukan ops cipkon tahun 2024, Dilanjutkan dengan pengecekan kesiapan sarana dan prasarana yang dimiliki Polres Tabanan.


( Humas Polres Tabanan )

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Kapolres Tabanan, AKBP Chandra Citra Kesuma, S. I.K., M.H, Pimpin Apel Kesiapan Pasukan Ops Cipkon Agung 2024

Posting Komentar

0 Komentar