Jumat Curhat Kapolres Tabanan di Wantilan Desa Adat Pangkung Karung Gede


Tabanan-Jumat ( 17/5/2024 ) pukul 12.30 s/d 13.30 wita bertempat di Wantilan Desa Adat Pangkung Karung Gede, Desa Pangkung Karung, Kec. Kerambitan, Kab. Tabanan telah berlangsung kegiatan Jumat Curhat Kapolres Tabanan *AKBP Leo Dedy Defretes, S.H., S.I.K., M.H. dengan warga masyarakat Desa Pangkung Karung Gede*


Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kapolsek Kerambitan Kompol Ida Bagus Putu Mertayasa, S.Ag, Kasat Binmas Polres Tabanan Kompol I Nengah Widia, S.H., M.H, Kasat Intelkam Polres Tabanan AKP I Ketut Agus Wicaksana Julyawan, S.H., M.H, Kasat Reskrim Polres Tabanan diwakilkan Kanit I IPDA I Wayan Supartawan, Kasat Samapta Polres Tabanan AKP I Wayan Suta Arcana, S.H, Kasat Resnarkoba Polres Tabanan AKP Kadek Darmawan, S.Sos, Kasi Humas polres Tabanan Iptu I Gusti Made Berata, S.H, Kasi Propam Polres Tabanan AKP I Ketut Putraja, S.H., Bhabinkamtibmas Desa Pangkung Karung, Perbekel Pangkungkarung I Wayan Subawa beserta staf Desa, Bendesa Adat Pangkungkarung Gede beserta prajuru Desa Adat, tokoh dan masyarakat Desa Pangkung Karung Gede. 


Acara jumat curhat Kapolres Tabanan dibuka  oleh Kasat Binmas Polres Tabanan dimana pada intinya menyampaikan negajak untuk selalu  memanjatkan puji syukur, karena berkat Beliau kita bisa berkumpul dalam acara ini


Bahwa kesempatan ini Kapolres Tabanan hadir dalam dalam rangka tatap muka dengan masyarakat yang merupakan program Polri dalam mendekatkan diri dengan masyarakat menyerap informasi masyarakat untuk mewujudkan polri kedepan yang lebih baik.


Penyampaian dari bapak Perbekel Pangkung Karung pada intinya mengucapkan terimakasih kepada bapak Kapolres Tabanan yang sudah berkenan hadir dihadapan kami masyarakat Desa Pangkung Karung Gede merupakan kesempatan yang cukup baik bagi kami untuk menyampaikan pesan Kamtibmas serta menerima saran masukan masyarakat kegiatan ini sangat kami apresiasi.


Semoga bapak Kapolres beserta anggota dan keluarga selalu dilimpahkan karunia sehat sehingga dapat melaksanakan tugas negara dengan baik dan Polres Tabanan selalu sukses.


Desa kami sempat dicap zona merah namun sudah 5 tahun yang lalu sudah menjadi zona hijau masyarakat Pangkungkarung bersatu menciptakan situasi yang harmonis dan rukun seperti sediakala.


Sekali lagi kami mohon bimbingan dan tuntunan tentunya terkait dengan keamanan dan ketertiban masyarakat, ucap perbekel Pangkung Karung


Adapun sambutan Kapolres Tabanan, pada intinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak Perbekel, Bendesa adat serta seluruh tokoh dan masyarakat desa Pangkung Karung bisa hadir dalam acara Jumat curhat ini.


Kami berupaya setiap Minggu turun ke masyarakat dengan tujuan mendekatkan diri bahwa kami Negara hadir di masyarakat sesuai tugas pokok kami kali ini tentunya dalam hal ini dengan tema himbauan Kamtibmas dalam mendukung KTT WWF ke-10 di Nusa Dua. 


Bagaimana kami menjalin silaturahmi mendapatkan informasi di masyarakat di desa Pangkung Karung dimana Masyarakat yang paling mengetahui situasi diwilayahnya selain itu kami juga membangun kemitraan dengan masyarakat, kita bisa membangun kolaborasi dan kerjasama apa yang bisa munculkan sesuai kebutuhan di desa ini


Bagaimana kita juga ingin membangun trust tingkat kepercayaan masyarakat dengan Polri', sehingga makna pertama ini bukan formalitas melainkan untuk membangun Kamtibmas bersama


Menjadi polisi bukan tugas kami saja, jadilah polisi dari diri sendiri menjaga keselamatan diri harta benda kita sendiri sehingga kita bisa memiliki kesadaran keamanan diri sehingga kita dimasyarakat. Bisa saling jaga.


Penekanan dari bapak Kapolres bahwa,  kasus curanmor diawali dengan kurangnya kewaspadaan dan meninggalkan kunci nyantol yang dapat menimbulkan niat pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya sehingga itulah tugas kita bersama menjadi polisi bagi diri sendiri dan lingkungan peduli dengan lingkungan sekitar, Kita harus tanggap terhadap hal-hal mencurigakan disekitar kita, kalau kesadaran bersama sudah kita laksanakan rasa aman, nyaman akan tercipta. 


Dalam pelaksanaan KTT WWF yang akan berlangsung di Nusa Dua, bapak Kapolres menghimbau

- Agar masyarakat ikut serta berpartisipasi dan berkontribusi bersama menjaga Kamtibmas.

- Turut serta memberikan rasa aman bagi wisatawan dari tindak kejahatan 

- Selalu menjaga kerukunan dalam segenap aspek kehidupan menghindari hal

- Bijaksana dalam bermedia sosial tidak menyebarkan hoax atau berita bohong.

- Dilarang memasang spanduk yang menimbulkan konflik sosial serta menggangu pelaksanaan KTT WWF


Acara tanya-jawab serta saran masukan diantaranya, Penyampaian dari Bendesa Adat Desa Pangkungkarung Gede mengucapkan terimakasih kepada Kapolres dan jajaran dalam membawa program Jumat curhat ini, kegiatan ini sangat luar biasa dan kedepan semoga tetap terlaksana dan berlanjut dimana kami sangat mengharapkan kehadiran Polri di masyarakat ditengah tantangan kehidupan kedepan yang sangat kompleks


Adanya kelompok Pecalang dan Bakamda yang berinduk di Sipanduberadat harapan kami agar diadakan pelatihan-pelatihan terkait pemeliharaan Kamtibmas agar bisa menjadi polisi pribadi dan polisi bagi masyarakat.


Tanggapan dari Kasat Binmas tentunya kegiatan pembinaan masyarakat merupakan ranah kami di Satuan Binmas, masukan tersebut sangat bagus tentunya akan kami tindak lanjuti dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan.


Penyampaian dari Ibu Rahma selaku Warakawuri yang juga menjadi ketua lansia di Desa Pangkungkarung mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolres  dan Kapolsek Kerambitan atas kesempatan pertemuan kali ini.


Kita kelompok lansia ada kegiatan 3 kali seminggu dimana anggota kami 99 orang aktif dari 6 ratusan anggota, ada beberapa kegiatan kita diantaranya Yoga, Senam AWS3 dan lainnya tentunya kami siap mendukung polres Tabanan dalam memelihara Kamtibmas.


Semoga jajaran Polri bisa selalu hadir di tengah masyarakat sebagai motifasi dan membimbing masyarakat khususnya untuk kami lansia sehingga tetap semangat dalam kontribusi membangun Kamtibmas.


Tanggapan dari Kasat Binmas terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan masyarakat silahkan berkoordinasi dengan Kepolisian terdekat.


Sedangkan tanggapan Kapolres Tabanan terkait Sipanduberadat memang kita adalah negara satu-satunya memiliki sistem keamanan berbasis desa adat.


Dan menindaklanjuti arahan pimpinan kita sudah membentuk Polisi Banjar, anggota Polri yang tinggal di wilayah terdekatnya langsung menjadi Polri Banjar dan kita terus update dan evaluasi pelaksanaannya.


Keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelatihan dan bimbingan Polri itu nanti silahkan perangkat Desa hubungi Kasat Binmas baik secara telepon maupun surat, ini juga bisa ditindaklanjuti oleh Polsek Kerambitan.


Terkait kasus pencurian di wilayah Kerambitan khususnya di Pangkung Karung nihil kejadian ini merupakan sebuah percontohan bagi tempat lain untuk studi tiru dalam memelihara situasi Kamtibmas.


Kunci sukses Pangkungkarung ini betul-betul zero kejahatan ini menarik untuk diteliti bagaimana peran tokoh dan masyarakat bekerjasama dalam memelihara Kamtibmas hal ini patut di contoh atau pilot project.


Terimakasih kepada ibu Rahma berhasil berdikari di Bhayangkari dan saat ini mengabdi di masyarakat semoga tetap sehat kuat umur panjang semua itu patut kita syukuri dan terimakasih sudah berkontribusi dalam memelihara Kamtibmas.


Terakhir penyampaian terakhir dari Bapak Perbekel Pangkungkarung yang mana kehadiran Kapolres Tabanan dan jajaran sangat bermanfaat bagi kami dan semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan berkelanjutan dikemudian hari memberikan motifasi kepada kami dalam membangun kemitraan menciptakan Kamtibmas yang kondusif.


Acara Jumat Curhat diakhiri dengan sesi foto bersama.


( Humas Polres Tabanan )

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Jumat Curhat Kapolres Tabanan di Wantilan Desa Adat Pangkung Karung Gede

Posting Komentar

0 Komentar